Minggu, 19 Maret 2017

Putu Putrayasa

Pengusaha properti

Mencetak satu juta pengusaha
Putu Putrayasa

  
Lahir dari keluarga seorang petani sering kali membuat Putu Putrayasa kesulitan meneruskan sekolah. Tapi dengan impian yang besar, kondisi ini tidak mudah mematahkan semangatnya. Kini ia menjadi pengusaha properti dengan banyak proyek yang ia kerjakan seperti Sun Primera Condotel, Batu Raya Waterboom, Duta Kranggan, Puri Permata Sedayu, dan banyak lagi lainnya. Ia juga dikenal sebagai Raja Kavling Indonesia, terbukti dari keberhasilannya mengajak masyarakat untuk berinvestasi di kavling yang ia jual. Hingga akhirnya ratusan kavling di berbagai daerah seperti Baturaja (Sumatera Selatan), Jonggol, dan Tanjungsari.

Putu juga bergerak di dunia pendidikan yang mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pendiri perguruan tinggi termuda di Indonesia. Ia membangun Akademi Manajemen dan Komputer (AMIK AKMI) di Baturaja, Sumatera Utara, di usianya yang masih 26 tahun.

Masa kecil
Awalnya tak pernah ada yang menyangka, bahwa Putu berasal dari keluarga petani miskin dan sering kali kesulitan untuk meneruskan sekolah. Keadaan itu justru mampu membawanya menjadi sosok yang selalu rajin belajar, ulet dalam berusaha, dan selalu berdoa untuk mewujudkan impian-impiannya. Putu merupakan sosok pembelajar otodidak sejati yang ulet dan tak kenal menyerah. Sejak remaja selalu bekerja dan belajar untuk mengejar prestasi. Pada saat kelas 5 Sekolah Dasar (SD), ia sudah mengajar dan menjadi siswa teladan di sekolahnya.

Usia 22 tahun
Berbagai bidang bisnis pernah digeluti Putu mulai dari laundry, bimbingan belajar jarak jauh, les privat, sampai bisnis kayu. Pada usia 22 tahun ia sudah bisa menghasilkan omzet miliaran dari usaha toko komputernya. Ia percaya apa yang sudah dijalaninya merupakan laboratorium pengalaman bagi ilmunya. Oleh karena itu berbekal pengalaman dan keberaniannya ia pun bertransformasi menjadi seorang coach dan trainer sebagai jalur pengabdian serta rasa syukur untuk selalu berbagi kepada masyarakat.

Putu adalah praktisi Neuro Linguistic Programming (NLP) yang mendapat lisensi langsung dari Co-Creator NLP, yaitu Dr. Richard Bandler. Ia juga terdaftar sebagai anggota dalam Society of NLP, USA. Berbagai sertifikasi pun ia miliki baik nasional maupun internasional, seperti Affiliate Busines Coach by Coaching Asia, Certified Communication Expert dari NLP Indonesia, Certified Hypnotherapist (CHt) dari Indonesian Board of Hypnotherapy dan Certified Hypnotist (CH) dari Indonesian Board of Hypnotherapy.

Coach
Berbagai bidang usaha digeluti Putu. Mulai dari laundry, bimbingan belajar jarak jauh, les privat, dan bisnis kayu. Pada saat umurnya 22 tahun, ia sudah bisa menghasilkan omzet miliaran dari usaha komputernya. Ia percaya, apa yang sudah dijalaninya merupakan laboratorium pengalaman bagi ilmunya. Makanya dengan bekal berbagai pengalaman itu ia bertransformasi menjadi coach (pelatih) sekaligus trainer sebagai salah satu cara untuk mengabdi kepada masyarakat.

Kampus pencetak pengusaha
Dengan kesuksesan yang diraihnya Putu memiliki visi untuk menciptakan sejuta pengusaha selama hidupnya. Lewat bukud an seminarnya ia tak segan berbagi ilmu yang ia miliki.

Kini ia mengambil-alih sebuah kampus swasta di Yogyakarta. STIEBBANK dengan tagline baru "Kampus pencetak pengusaha" ia berkomitmen lewat kampus ini akan menciptakan lulusan sarjana sekaligus pengusaha. Dengan berbagai terobosan dan program baru yang ia buat, mahasiwa STIEBBANK dilatih untuk memiliki bisnis dan menghasilkan uang semenjak mahasiswa. Sehingga bisa membiayai kuliahnya sendiri tanpa merepotkan orang tua.

Dengan mendatangkan praktisi bisnis, mentor, dan coach yang profesional, mahasiswa STIEBBANK bisa belajar langsung kepada para ahli dalam bisnisnya masing-masing. Menariknya, baru beberapa tahun diambil-alih olehnya perusahaan sudah mulai terlihat di berbagai sisi. Mulaid ari pembangunan, kualitas manajemen, hingga sebagian besar mahasiswanya sudah mulai bisnis.

Penulis buku
Keinginannya untuks selalu berbagi ilmu pun tak lantas hanya menjadikan ia seorang coach dan trainer saja, ia pun menulis buku dengan harapan setiap orang yang membacanya akan paham betul inti dari sebuah kesuksesan.

Buku pertamanya Kaya dan Bahagia Modal Ngobrol yang diterbitkan oleh Freedom Academia, merupakan buku best seller yang laku 3.000 eksemplar di bulan pertama. Disusul kemudian dengan buku Desain Ulang Hidup Anda diterbitkan oleh Gramedia Group yang mampu membuat para pembacanya kemudian menyadari makna penting sebuah perencanaan hidup yang penuh syukur dan prestasi. Selain itu, ia juga mempunyai lembaga pengembangan diri dan karir dengan berbekal soft skill, yaitu Prestasi Indonesia. Keunikannya di Prestasi Indonesia adalah belajar melalui terapan NLP, Hypnotherapi, Quantum Physic, Praxis Model dan Holystic Power yang telah dibuktikan dalam berbagai prestasi kehidupan.

Kos Hebat
Saat ini, setelah melalui perjalanan pengalaman yang hebat, Putu kemudian mempunyai impian untuk bisa mencetak satu juta pengusaha dalam kehidupannya. Oleh karena itu ia kemudian mendirikan komunitas pengusaha pembelajar melalui Kos Hebat, sebagai pencetak pengusaha. Kos Hebat ini adalah bentuk bimbingan dan pengarahan kepada para pesertanya yang ditempa kurang lebih satu bulan untuk menjadi pengusaha berkarakter, tidak hanya nekat dengan otak kanan, tetapi juga pengusaha yang diimbangi dengan logika dan rasio otak kiri, untuk memastikan bisnisnya bertahan dalam jangka panjang walau berjalan tanpa kehadiran sang pengusaha tersebut.

Dari Kos Hebat inilah, Putu ingin melahirkan 1.000 orang pengusaha sekaligus penulis, trainer, dan coach, yang akan diajaknya melahirkan sejuta pengusaha. Mereka yang tergabung di Kos Hebat akan dilatih secara khusus, selama setahun tanpa biaya tambahan. Selain Kos Hebat, ia sekarang juga menjadi CEO STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha (www.KampusPencetakPengusaha.com). Kampus yang tidak hanya sekedar belajar teori untuk meraih gelar sarjana, namun juga membimbing mahasiswa praktek bisnis untuk menjadi pengusaha sejak minggu pertama kuliah.


Membangun perguruan tinggi
Bisnis komputer inilah yang berkembang hingga 18 cabang dalam waktu tiga tahun. Keuntungan dari hasil berjualan komputer inilah yang digunakan Putu untuk membangun perguruan tinggi pada tahun 2001. Mulanya ia terinspirasi dari pemilik sekolahnya dulu yang memberikan banyak beasiswa untuk anak yang berminat sekolah tapi kurang mampu. Sejak itu ia ingin membangun sekolah agar dirinya bisa membantu orang yang kurang mampu. "Dulu saya enggak mampu dan termasuk yang dapat beasiswa," ceritanya.

Keuntungan dari bisnis komputer yang dikumpulkan sebanyak Rp. 25 juta. Lalu digunakan untuk membeli sebidang tanah. "Saya kehabisan uang. Lalu pelan-pelan keuntungan dari toko komputer saya gunakan untuk membangun kampus," kata Putu. Putu pertama kali membangun perguruan tinggi di Sumatera Selatan, bernama Akmi Baturaja saat ini berusia 24 tahun. Ia telah menyusun dan mempelajari kurikulum untuk sekolah ini sejak lama. Tahun ini Akmi Baturaja sudah memasuki wisuda yang ke-13. Setiap tahun kampus yang ia bangun menerima 1.800-an mahasiswa.

Tak hanya AKMI Baturaja, Putu juga mendirikan perguruan tinggi di Yogyakarta. Ia ingin membangun perguruan tinggi yang dapat mencetak banyak wirausaha sukses. Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Perbankan (STIEBBANK) atmosfir bisnis selalu dihadirkan dengan merancang sebagian besar kurikulum belajarnya berbasis wirausaha juga dengan cara menyediakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berbasis wirausaha.

Memiliki 5 perusahaan
Kerap dijuluki Mr. Take Over atau Mr. Fix it karena prestasinya mengambil alih berbagai perusahaan dengan kondisi buruk dan mengembangkan menjadi perusahaan sukses. Putu kini memimpin Hebat Group sebagai CEO membawahi berbagai lini bisnis di bidang properti, restoran, investasi tanah, dan pelatihan. Beberapa perusahaan yang dimilikinya adalah :

1. PT Prestasi Investa Pratama.
2. PT Prestasi Indonesia Sejahtera.
3. Century21 Hebat Group.
4. Pesona Pingka.
5. CV Mitha Azzahra.

Rumah cicilan harian
Tergugah oleh Sumpah pemuda "mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia, pemuda Putu terpanggil untuk mewujudkannya. Ia prihatin, sejak sumpah itu dikumandangkan sampai sekarang banyak rakyat Indonesia yang belum melunasi sumpah itu.

"Katanya bertanah air, tapi tanah tak punya, air pun beli," ucap Putu berulang kali saat menanggapi pertanyaan kenapa ia begitu getol mengembangkan perumahan rakyat di berbagai daerah di Indonesia. Itulah fakta yang ia jumpai. Banyak keluarga tak punya rumah sehingga cinta orang tua ke anak-anak tidak penuh. Sayang sekali ketika keluarga bertumbuh tanpa kenyamanan rumah.

Hal itu dusebabkan harga rumah makin tak terjangkau. Harga tanah kian naik, sedangkan penghasilan masyarakat tak naik secepat itu. Dengan kondisi seperti itu, makin lama makin banyak masyarakat yang tidak akan pernah punya rumah dan harga rumah makin tak terbeli.

Putu mulai mendekatkan diri dengan cita-cita masyarakat akan tersedianya rumah yang terjangkau. Ia sukses memperkenalkan penjualan tanah yang boleh dicicil. Ia belum pernah ada sebelumnya. Tentu saja proyek ini disambut antusias masyarakat. Ia berhasil mewujudkan  mimpi banyak orang memiliki tanah di Bogor dan Baturaja. Hingga kemudian ia terkenal sebagai raja kavling. Belakangan, dari kantornya di Yogyakarta, ia telah mengepakkan sayap bisnis properti hingga ke Tarakan, Kalimantan Utara, dan akan terus meluas ke berbadai daerah. Ia ingin setiap warga negara ini memiliki tanah secara mudah dan murah.

Biodata
Nama lengkap : Putu Putrayasa.
Nama panggilan : Putu.
Tempat, tgl lahir : Sumbawa, 17 Desember 1976.
Kantor : HEBAT GROUP BUILDING
Jl. Kaliurang CT1/7A1 Catur Tunggal, Depok, Sleman, DIY.
Telepon kantor : (0274) 5306624.
Riwayat pendidikan dan karir :
* Kuliah di Jurusan teknik Sipil Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
* Membentuk Mitragama Group.
* Owner PT. Prestasi Investa Pratama (Property).
* Owner PT. Pestasi Indonesia Sejahtera (Training, Pendidikan, & Event ).
* CEO Hebat Group.
* Member Broker Century 21 Hebat Group.
* Pemilik STIEBBANK “Kampus Pencetak Pengusaha”, Yogyakarta – www.kampuspencetakpengusaha.com.
* Pemilik kampus Akpar Buana Wisata – Yogyakarta.
* Pendiri sekaligus Ketua Yayasan AMIK AKMI Baturaja, Baturaja.
* Pemilik Kampus STMIK MAhakarya – Jakarta.
* Pemimpin umum Harian BERNAS – www.harianbernas.com.
Prestasi :
* Peraih REKOR MURI, Pendiri Perguruan Tinggi termuda di usia 26 Tahun.
* Sukses di Usia Muda, versi Kick Andy, Metro TV Februari 2011.
* Pemuda Inspiratif, versi Kompas TV Network , Okt 2011.
* Kaya di Usia Muda, Metro Pagi, Metro TV Jan 2011.
* Siswa Teladan Nasional Tahun 1995.
* Entrepreneur paling berpengaruh di twitter versi Majalah DUIT, Sept 2012.
* Entrepreneur muda Inspiratif versi Majalah Gogirl.
Praktisi :
* Mulai menekuni dunia sales sejak usia 11 tahun.
* Memimpin ratusan personil yang menjual lebih dar 35 milyar/tahun, 7 tahun terakhir.
* Praktisi entrepreneur sejak usia 19 tahun.
* Penulis buku terbitan Kompas-Gramedia Group.
Sertifikasi :
* Licensed Practitioner of NLP dari Richard Bandler & Society of NLP USA.
* Certified Communication Expert dari NLP Indonesia.
* Certified Hypnotherapist (Cht) dari Indonesian Board of Hynphotherapy.
* Certified Hypnotist (CH) Indonesian Board of Hynphotherapy.
* Certified Wealth Planner (CWP).
Buku-buku yang pernah ditulis :
* Kaya dan Bahagia Modal Ngobrol. Diterbitkan oleh Freedom Academia.
* Desain Ulang Hidup Anda. Diterbitkan oleh Gramedia.
* The Millionaire Steps. Diterbitkan oleh Penerbit Indonesia Hebat.
* 88 Tips Finansial MengHebatkan diri. Diterbitkan oleh Gramedia.
Sumber :
* https://pengusahaproperti.wordpress.com/
* http://www.kavlingtanjungsari.com/tentang-kami/siapa-putu-putrayasa/
* http://wartawirausaha.com/2015/06/putu-putrayasa-dari-usaha-fotokopi-sampai-bangun-kampus-habis/#axzz4ZNsmbHMJ
* HTTP://WWW.PUTUPUTRAYASA.COM/PROFIH
* http://investasitanah.com/siapaputuputrayasa2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Erick Thohir

  Menteri BUMN (2019-2024)   Dari Media, Olah Raga sampai Sarinah Ditulis Muhammad Anwari SN. Saat ini Erick Thohir masih menjabat Menteri B...