Senin, 13 Maret 2017

Asri Tadda

Founder & Direktur Asta Media Group


Asri Tadda


Blogger Kaya Raya mBangun Kafe Blogger

Asri Tadda, mungkin nama ini belum begitu terkenal gaungnya di dunia nyata. Tapi bagi yang suka blogging tentu tak asing dengannya. Ia adalah salah satu blogger atau internet marketing yang sukses dari Indonesia. Latar belakangnya bukanlah sekolah komputer. Ia dokter muda lulusan Universitas Hasanuddin Makassar.

Jika ada sarjana kedokteran yang sibuk online di depan komputer ketimbang di rumah sakit, Asri Tadda-lah orangnya. Jangan salah kira, ia sedang keranjingan bergaul lewat facebook, twitter, atau situs sosialita lainnya atau bermain game online. Dokter lulusan Universitas Hassanuddin Makasar ini justru sedang mencetak dollar dari bisnis online.
Alih-alih terjebak dalam candu konsumerisme media internet. Asri Tadda yang di dunia maya lebih dikenal dengan nama Asta Qauliyah ini justru memanfaatkan candu itu untuk mengasah dunia kewirausahaannya. Ia telah berhasil mencetak pundi-pundi kekayaan dari hobi berselancar di dunia internet.


Asri Tadda bersama anak dan istri
Asri Tadda meyakini bahwa belajar bisnis sejak dini akan menjadi solusi untuk menghadapi komputisi hidup yang kian meningkat seiring dengan semakin bertambahnya populasi penduduk. Berbekal keyakinan itu maka pada tahun 2005 ketika dirinya masih menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, ia mulai merintis bisnis advertising berbasis blog.
Untuk itu, Asri membuat banyak blog dengan beragam tema terutama tentang kedokteran dan kesehatan yang memang menjadi kompetensinya. Jika teman-temannya sesama dokter mempraktekkan langsung ilmunya pada pasien, maka ia lebih memilih menjadi dokter internet yang menyebarkan ilmu kedokteran dan kesehatan yang dipelajarinya semasa kuliah kepada masyarakat luas melalui media blog.
Saat ini Asri telah mengelola lebih dari 200 blog dengan tema yang lebih luas dan universal. Tidak hanya blog berbahasa Indonesia, blog-blog berbahasa Inggris pun tak luput dari perhatiannya. Dikelolanya blog berbahasa Inggris oleh Asri bukan tanpa alasan. Ia sangat sadar, bahwa hanya dengan blog berbahasa Inggris, ia bisa menembus batas-batas geografis negara, serta bisa membuat posisinya menjadi penting di segala sudut.
Asri menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris di blog-blog yang dikelolanya. Ia sadar penetrasi blog menembus batas-batas geografis negara, sehingga penting sekali menggunakan basa Inggris sebagai bahasa dalam blognya.

Kafe Blogger
Bisnis yang dikembangkan Asri meluas ke berbagai layanan. Tetapi tetap berbasis internet. Ia juga menyediakan jasa internet marketing, web development, jasa konsultan, dan mendirikan sekolah blog (blogging school). Ia juga mendirikan dan mengelola cafe yang ada free wifi-nya. Agar pasarnya lebih mengena ke sasaran ia menamai cafenya dengan nama Kafe Blogger. Kafe ini terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar.
Semua bisnisnya dinaungi dalam bendera yang bernama Asta Media Group. Dalam dua tahun semenjak didirikannya, Asri berhasil membukukan omzet sebesar 480 juta per tahunnya atau dalam dua tahun sudah terkumpul kurang lebih 500 juta. Angka ini, kata Asri, meningkat terus di tahun-tahun berikutnya. Sehingga pada akhir tahun 2008, Asri meraih juara dua penghargaan wirausaha muda Mandiri tingkat nasional yang digelar bank Mandiri.
Sekilas tidak ada yang istimewa dari sosok Asri Tadda. Ia seperti anak muda kebanyakan yang senang bergaul, berselancar di dunia maya, dan aktif di berbagai kegiatan dan organisasi seperti Ketua BEM, Ketua HMI Cabang Makassar Timur, ketua LKMI, dan sebagainya.


Kafe Blogger
Yang membedakan Asri Tadda dengan mahasiswa lain ataupun dengan aktifitas kampus lain adalah keluasan visinya akan bisnis. Visi tentang menciptakan lapangan kerja baru minimal untuk dirinya. Kecintaannnya pada blogging berawal saat ia mulai mengenal dunia maya yang kemudian akan menggiringnya pada terbukanya peluang bisnis di dunia per-blogging-an.
Berawal dari aktivitasnya menulis jurnal online pada blog pribadinya, ia kemudian sadar ternyata blog bisa menghasilkan keuntungan. Beberapa bulan kemudian ia bergabung bersama teman-teman bloggernya dalam forum Paid Review. Pekerjaannya adalah mengulas situs orang lain dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Dari sini ia dibayar $ 10 - $ 15 per bulannya.
Dari situ Asri kemudian melanjutkan ke Paid Links. Dari sini ia bisa menangguk antara 50 hingga 100 dollar satu link per tahunnya. Dengan banyaknya jaringan blog yang dimiliki Asri, maka dapat dibayangkan besarnya peluang dari membuat riview dan memasang link di blog-blog tersebut setiap tahunnya.
Besar kecilnya income yang diterima Asri tergantung pada banyaknya pengunjung ke situsnya, google page rank, dan kualitas konten situsnya. Dari seorang blogger amatiran, kini Asri mengembangkan beragam bisnis online antara lain Article Trade Inc, Seosemid Inc, Buy Link Post, dan Publish My Articles. Selain itu ia juga mengembangkan layanan periklanan lokal melalui puluhan jaringan situs iklan baris dan meluncurkan free blog services dengan nama Asta Log.com.

Sekolah Blogging
Walau Asri Tadda sudah sukses dengan berbagai bisnis online-nya, ia tak ingin menikmatinya sendiri. Asri kemudian mendirikan Asta Media Blogging School di mana ada tiga program yang ditawarkan yaitu basic blogging untuk pemula, pro blogging untuk yang ingin cari duit lewat blog, dan blogging for professional yaitu blogging untuk para pekerja profesi seperti dokter, pengacara, politisi, advokat, dan lainnya.
Menurut Asri, sekolah yang didirikannya adalah untuk mencetak generasi yang melek internet. Di sekolahnya ini orang akan dibimbing untuk tahu apa itu blog, bagaimana membuat, dan mengoperasikannya, serta bagaimana membuat blog menjadi ladang penghasilan bagi si empunya. Ia memberikan garansi, bahwa para siswanya ditarget dapat menghasilkan income dalam jangka waktu maksimal tiga bulan dari mulai belajar. “Ya, di AstaMedia memang ada jaminan seperti itu,” ungkapnya tentang sekolah yang diklaimnya sebagai sekolah blogging pertama di Indonesia.

Image dari asritadda.com


Biodata

Founder & Direktur Asta Media Group
Biodata
Nama asli : Asri Tadda.
Nama di dunia maya : Asta Qauliyah.
Tempat lahir : Pabeta, Desa Manurung, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur,
Sulawesi Selatan.
Tanggal lahir : 3 April 1981.
Pendidikan : S1 Fakultas Kedokteran Univesitas Hasanuddin, Makassar (1999-2003).
Nama usaha : CV Asta Media Link Perdana
(Asta Media Group, Blogging School and Internet Marketing Center).
Alamat : Jl. Perintis Kemderdekaan Km 8 No. 28 Tamalanrea, Makassar-90245.
Jabatan : Founder & direktur Asta Media Group,
perusahaan berbasis online yang didirikan 26 Januari 2009 di Makassar.
Pendidikan :
* SD 419 Wulasi Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
* SMP Negeri 4 Malili, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
* SMA Negeri 1 Makassar tahun 1999.
* Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.
Penghargaan :
* Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri kategori Mahasiswa Program Diploma dan 
Sarjana tingkat nasional yang diselenggarakan Bank Mandiri (2008).
* The Most Productive Writer in This Year 2004 dari Penerbitan Kampus (PK)
Universitas Hasanuddin (2008).
Riwayat organisasi :
1 Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Hasanuddin Makassar (2001-2002).
2 Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Kedokteran
Universitas Hasanuddin.
3 Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar Timur.
4 Pengurus Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu Raya (PB IPMIL Raya).
5 Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur (PP IPMA Lutim).
6 Ketua Umum Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) HMI Cabang Makassar Timur.
7 Direktur Program Sawerigading Institute.
8 Direktur Lembaga Kajian Pembangunan Kesehatan (LKPK).
Sumber :
* http://www.asritadda.com/about-me/tentang-asri-tadda.htm
* https://www.maxmanroe.com/asri-tadda-dokter-yang-sukses-menjadi-blogger-internet-marketer-dan-pebisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Erick Thohir

  Menteri BUMN (2019-2024)   Dari Media, Olah Raga sampai Sarinah Ditulis Muhammad Anwari SN. Saat ini Erick Thohir masih menjabat Menteri B...